KPU Siapkan Tiga Nama Calon Sekjen Baru KPU

Jakarta, BeritaPrima.com  — Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memecat Sekjen KPU dan tiga orang lainnya karena dianggap melanggar kode etik. Atas kekosongan posisi setelah pemecatan itu, KPU menyiapkan tiga calon nama Sekjen KPU yang akan diserahkan apda Desember 2012.

“Kita berharap pertengahan Desember tanggal 17 kami sudah bisa sebut tiga nama kepada presiden sebagai calon Sekjen yang penuhi syarat-syarat sebagaimana ketentuan undang-undang. Kita juga akan tunjuk Plt Biro hukum, dan posisi lain yang kosong,” kata ketua KPU Husni Kamil Manik menjawab pertanyaan anggota komisi II tentang keputusan DKPP soal pemecatan Sekjen KPU.

Hal itu disampaikan dalam rapat KPU dan Bawaslu dengan komisi II DPR tentang evaluasi anggaran tahun 2012,di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/11/2012) malam.

Selain itu, Husni juga menjawab tanggapan tentang sikap KPU atas keputusan sidang DKPP yang memerintahkan KPU untuk memasukkan 18 parpol yang tidak lolos verifikasi faktual dimasukkan dalam verifikasi faktual.

“Dan kita akan respons 18 parpol yang direkomendasikan DKPP untuk masuk verifikasi faktual ini bagaimana sikap KPU secara kelembagaan, mudah-mudahan tidak ada isu kami diintervensi DPR sebelum mengambil keputusan ini,” lanjutnya.

Anggota KPU lain, Ida Budhiati menegaskan bahwa KPU belum bisa mengambil keputusan terkait hasil sidang DKPP yang meminta memasukkan 18 parpol tak lolositu masuk dalam verifikasi faktual.

“Keputusan bagi KPU yang tidak mudah ditindaklanjuti. Usai menghadiri sidang kami mencoba berkoordinasi dan karena waktu tidak mencukupi kami hadir dalam forum ini, maka belum ada keputusan yang bisa kami sampaiakn. Kami masih membutuhkan waktu relatif dekat untuk kami sampaikan kebijakan KPU dalam menindaklanjuti keputusan DKPP,” jelas Ida.

“Tetapi dalam aspek konstruksi undang-undang, bahwa keputusan DKPP ini bersifat final dan mengikat, ada kewajban bagi KPU dan Bawaslu untuk tindaklanuti putusan DKPP itu,” lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, Sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan ‘memecat’ Sekjen Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) dkk. Keputusan ‘pemecatan’ tersebut diambil karena yang bersangkutan dinilai melanggar kode etik.

Categories: Hotnews, Nasional

About Author

beritaprima.com

BeritaPrima.com merupakan portal berita utama nasional yang lebih mengedepankan aktualitas dan ketajaman dalam mengungkapkan fakta di lapangan.

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*