Kapolda DI Yogyakarta Mendadak Diganti

Sabar Rahardjo2Jakarta, BeritaPrima.com — Mabes Polri mencopot jabatan Brigadir Jenderal (Pol) Sabar Rahardjo sebagai Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemicu pencopotan orang nomor satu di DIY ini disebut-sebut karena yang bersangkutan gagal mengantisipasi kejadian penyerangan di Lapas Cebongan, Sleman, yang menewaskan empat tahanan titipan Polda.

“Saya tidak mau menjawab karena soal Cebongan. Yang jelas memang diganti,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Suhardi Alius,  Jumat, 5 April 2013.

Suhardi, telegram rahasia (TR) mengenai pengantian Sabar Rahardjo sudah turun hari ini, namun yang bersangkutan baru akan serah terima jabatan pada hari Senin pekan depan.

“Tentu berbarengan dengan pelantikan lima Kapolda yang lain. Ada Sumsel, Sumbar, Sulteng, Maluku Utara dan NTT. TR hari ini khusus Kapolda DIY,” katanya.

Serangan di Lapas Cebongan terjadi Sabtu dini hari 23 Maret 2013. Sasaran penyerang bersenjata adalah 4 preman yang menjadi tersangka pembunuhan Serka Heru Santoso, mantan anggota Grup Dua Kopassus, Kandang Menjangan, Kartosura.

Tim Investigasi TNI AD yang diketuai Brigjen Unggul K Yudhoyono mengkonfirmasi penyerangan dilakukan 11 personel Kopassus yang merupakan rekanan Serka Heru. Penyerangan dilakukan sebagai aksi reaktif dan jiwa korsa 11 personel ini.

Categories: Hotnews, Nasional

About Author

beritaprima.com

BeritaPrima.com merupakan portal berita utama nasional yang lebih mengedepankan aktualitas dan ketajaman dalam mengungkapkan fakta di lapangan.

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*